Selasa, 21 September 2010

Berbisnis


  Bagi yang sangat suka berbisnis saya akan membantu kalian semua agar mudah mencari bisnis yang cocok untuk anda berikut adalah tips yang saya dapat dari beberapa blog.semoga tips - tips ini bermanfaat buat anda.
Saya suka sekali dengan kalimat di atas yang meluncur dari seorang perempuan dalam sebuah iklan program Wirausaha Mandiri di TV.

Dengan satu kalimat di atas mestinya tidak ada lagi atau katakanlah sedikit saja sarjana yang mengeluh sudah lama lulus tapi belum lagi bekerja. Kalau mereka cukup kreatif, mestinya terbentang jalan luas untuk berwirausaha, menjadi entrepreneur muda.

Namun kenyataannya tidak demikian, masih banyak sarjana muda yang lebih suka berjubelan mendatangi bursa kerja atau berharap-harap cemas menanti email panggilan kerja. Kenapa demikian?

Berikut adalah beberapa alasan yang dikemukakan oleh kawan-kawan sarjana muda ketika saya mengajak untuk tidak perlu melamar kerja, namun memulai berwirausaha.

Pertama, mencari pengalaman kerja. Ini alasan yang juga saya pegang ketika dulu awal lulus kuliah, saya mau bekerja dulu untuk mencari pengalaman.

Namun hari ini saya bisa menyatakan bahwa saya menyesal tidak lekas berwirausaha sejak lulus kuliah karena ternyata sesuatu yang disebut pengalaman kerja tersebut sebenarnya bisa juga saya ‘dapatkan’ ketika berwirausaha.

Dan mungkin saja kalau saya lebih dini berwirausaha, pencapaian saya bisa jauh melebihi apa yang saya capai hari ini.

Alasan kedua adalah sedikitnya modal finansial. Kayaknya ini bukan cuma alasan seorang sarjana muda, namun alasan setiap orang yang hendak memulai usaha.

Modal finansial memang penting, namun agaknya hal ini bukan yang paling utama. Anda masih bisa memulai usaha tanpa perlu memiliki modal finansial asalkan Anda masih mempunyai modal lain yang lebih penting, yakni modal integritas dan kredibilitas. Lain waktu saya akan tulis secara tersendiri mengenai modal usaha ini.

Hal yang terakhir adalah terlalu rumit berpikir dan atau terlalu besar gengsi untuk memulai dari hal yang sederhana. Dua hal ini yang mungkin terlalu kompleks bergelayut pada tiap kepala seorang sarjana muda; ingin memulai usaha namun dimulakan dengan asumsi-asumsi yang rumit, jadi usaha belum mulai namun sudah mundur duluan.

Atau ingin penjadi pengusaha sukses, namun masih malu-malu untuk mengenalkan produk/jasa yang dijualnya atau mungkin masih terlalu gengsi untuk angkat-angkat karung berisikan barang dagangannya.

Kesuksesan Anda dihalangi oleh mental Anda sendiri, sebaiknya Anda singkirkan jauh-jauh hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar