Kamis, 14 Oktober 2010

LINGKUNGAN PERUSAHAAN


NAMA : RIO ENDRY FEBRIAN
KELAS 1 EB 20
NPM : 26210004
TUGAS PENGANTAR BISNIS BAB 2


PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN
            Kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan kita. Oleh karena itu perusahaan – perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia.
            Istilah tanggung jawab social menunjukkan pertimbangan manajemen tentang pengaruh – pengaruh social di samping juga pengaruh ekonomi dari keputusan – keputusannya. Tanggung jawab social tersebut mencakup hal – hal seperti bidang kesehatan, informasi konsumen, praktek tanpa diskriminasi, dan pemeliharaan lingkungan fisik.
Pengertian Lingkungan Perusahaan
            Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor – faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Faktor – faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya. Perusahaan sangat bergantung pada masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan. Perusahaan juga harus menjaga hubungan baik dengan kelompok atau pihak – pihak yang berkepentingan. Pluralism mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuha dankepentingan dari berbagai organisasi.
Kesan Negatif tentang perusahaan
            Banyak masalah yang menciptakan kesan negative tentang perusahaan, antara lain penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintah.
            Kritik terhadap perusahaan tidak hantya terbatas pada pertimbangan ekonomi, moral, etik, dan politik saja; tetapi juga menyangkut lingkungan fisik.
Usaha – usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
            Perusahaan harus tidak menciptakan masalah – masalah yang negative serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif.
LINGKUNGAN FISIK, ENERGI, DAN KONSERVASI
            Di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta dan Surabaya sudah dirasakan semakin besarnya polusi udara dan air; bahkan di beberapa bagian kota Yogyakarta yang tidak begitu besar juga dirasakan  adanya pencemaran air tanah karena kondisi pemukiman yang berjubel serta pembuangan limbah yang terlalu dekat dengan sumber air.
            Kasus ledakan pusat listrik tenaga nuklir di Chernobyl Uni Soviet dan kasus kebocoran pabrik pestisida Union Carbide di Bhopal India merupakan contih pencemaran udara yang cukup hebat dengan banyak karbon. Dampaknya dapat dirasakan dalam jangka waktu lama karena munculnya penyakit – penyakit yang diakibatkan oleh pencemaran tersebut.
·         EKOLOGI
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Kualitas lingkungan kita sudah semakin menurun. Hal ini terutama disebabkan oleh kombinasi dari tiga faktor :
1.      Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2.      Perkembangan teknologi baru
3.      Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi.
Tujuan – tujuan ekologis memeang sangat penting. Tetapi, persoalan riilnya adalah menyangkut apakah kita dapat mengkoordinir tujuan – tijuan tersebut dengan tujuan social dan tujuan ekonomi lainnya. Sampai saat ini belum ada consensus tentanf masalah tesebut.
·         Macam – macam Polusi
Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam di mana kita hidup dan bekerja. Masing – masing jenis polusi berikut ini menjadi ancaman bagi lingkungan yang sehat.
o   Pencemaran Udara
Dalam tahun 1983 di Amerika serikat terdapat 200 juta ton sampah udara dilepas secara bebas. Lebh dari 50% polusi tersebut berasal dari mesin kendaraan bermotor, 22% berasal dari pusat – pusat tenaga listrik, dan kira – kira 15% berasal dari pabrik – pabrik pengolahan. Polusi Udara ini menimbulkan dampak negative yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan.
o   Pencemaran Air
Cukup banyak kasus pencemaran air di Indonesia yang berasal dari berbagai macam sumber, seperti lingkungan industry, permukiman, dan lingkungan pertanian. Jarak antara sumber air tanah dengan tangki peresapan saling berdekatan sehingga bakteri – bakteri dalam tangki peresapan dapat merembes masuk ke sumber air.
o   Pencemaran Sampah Awet
Di dunia ini hanya ada tiga macam tempat pembuangan sampah, yaitu bumi, air, dan angkasa. Di daerah perkotaan yang semakin padat penduduknya akan semakin sulit manajemen pembuangan sampahnya. Jka sampah dibakar, pencemaran udara yang timbul sangat mengganggu lingkungan. Sering sakpah awet, seperti kaleng bekas, notol, karet dan plastic, sulit mendapatkan pembuangan; ditanampun tidak lekas larut dalam tanah. Dalam perekonomian kita proses pengolahan kembali ini sangat penting, disamping dapat menciptakan lapangan kerja juga dapat menghemat energy, memberikan sumber bahan baku pelengkap bagi produksi, dan membantu mengatasi persoalan sampah.
·         Energi dan Konservasi
Di Indonesia sumber energy minyak bumi sudah lama digunakan di samping batu bara dan air. Akhir – akhir ini sudah mulai dikembangkan penggunaan sumber energy matahari serta kemungkinan penggunaan tenaga nuklir. Energy matahari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hamper tidak ada, biayanya murah dan bebas polusi.
LINGKUNGAN PERWEKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
·         Alasan – alasan bagi meningkatnya pengeluaran pemerintah
Pemerintah membiayai pengeluarannya dari hasi pemungutan pajak. Alasan – alasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakn meningkat. Di kota – kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan sebagainya telah mengalami proses urbanisasi pesat. Alasan yang mendorong mereka melakukan urbanisasi adalah keinginan memperoleh pendidikan yang lebih tinggi. Kehidupan kota seperti ini menyebabkan timbulnya masalah – masalah baru. Adanya pertambahan penduduk dapat mengakibatkan pengeluaran pemerintah lebih besar. Pemerintah perlu menyediakan kebutuhan pokok mereka dengan usaha – usaha  penigkatan produksi dalam negeri dan pengadaan impor dan luar negeri.
·         Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penghasilannya, maka akan terjadi defisit. Untuk menutup defisit ini dapatlah dilakukan dengan cara melakukan peminjaman kepada bank – bank. Jumlah uang yang dipinjam dengan cara ini disebut Utang Negara.
      Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah, antara lain :
a)      Pajak Tidak Langsung
Pajak tidak langsung dapat dikenakan atas barang – barang seperti rokok, tembakau, minuman keras dan sebagainya, yang dibayar oleh importer, produsen dan pedagang besar.
b)      Pajak Langsung
Pajak kekayaan adalah termasuk pajak langsung karena langsung dikenakan atau dipungut pada pembayaran pajak.
            Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari:
Penerimaan dalam negeri, Penerimaan pembangunan, Pengeluaran rutin, pengeluaran pembangunan.
LINGKUNGAN HUKUM
            Kebiasaan – kebiasaan, tradisi, peraturan – peraturan, konstitusi dan keputusan – keputusan suatu lembaga merupakan sumberdaya dari sistem hokum yang berlaku. Hokum yang ada di Indonesia dapat dikelompokkan ke dalam : 1. Hukum Publik dan 2. Hukum Privat
·         Hukum Publik
Hukum publik ini mengatur masalah – masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum,
·         Hukum Privat
Hukum privat merupakan hokum yang mengatur tentang hal – hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok – kelompok dalam masyarakat.
LINGKUNGAN PEMERINTAH
            Pemerintah telah banyak membantu kegiatn usaha dalam berbagai bentuk, antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten, serta pengadaan kontrak – kontrak. Disini terdapat suatu dorongan yang membantu secara langsung pada masing – masing sector dalam perekonomian. Di Negara seperti Amerika, Pemerintah telah memberikan kebebasan yan luas dalam bidang usaha.
·         Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan, pengadaan kontrak dan pemberian paten. Keuntungan – keuntungan ekonomi juga merupakan alasan bagi pemerintah untuk memberikan bantuan, disamping alasan keamanan dan alasan lain. Pemerintah juga membantu perusahaan – perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah. Bantuan semacam ini disebut dengan subsidi.
a.      Bantuan di bidang transportasi
Hampir di setiap sector pengangkutan, pemerintah banyak memegang peranan.
b.      Bantuan pada perusahaan – perusahaan kecil
Bantuan kepada perusahaan – perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam tiga golongan :
a.       Bantuan financial;
b.      Bantuan pemberian kontak ; serta
c.       Bantuan teknik dan manajemen.

c.       Bantuan di Bidang Komunikasi
Bidang komunikasi ini juga didukung dengan usaha – usaha pengembangan ruang angkasa seperti penggunaan satelit. Usaha – usaha semacam ini sangat mendorong majunya ysaha di bidang komunikasi.
LINGKUNGAN INTERNASIONAL
            Lingkungan Internasional merupakn suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia. Keadaan perekonomian nasional menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah internasional.
·         Neraca Pembayaran Internasional
Keadaan perekonomian internasional beberapa Negara ditunjukkan dalam neraca pembayarannya. Meraca pembayaran ini menggambarkan transaksi –transaksi internasional.
·         Perusahaaan – perusahaan Multinasional ( Multinational Corporation)
Perusahaan – perusahaan Multinasional kebanyakan berasal dari Negara – Negara Eropa, Amerika dan Jepang. PAsar yang dikuasainya meliputi Negara selain negaranya sendiri.
·         Kegiatan – kegiatan Multinational
Perusahaan – perusahaan Multinational bertujuan memasarkan barang dan hasil produksinya tidak hanya ke satu Negara saja, tetapi juga ke Negara – Negara lain. Masuknya perusahaan – perusahaan multinasional ke Indonesia ini didasarkan pada Undang – undang Nomor 1 Tahun 1967 yang kemudian disempurnakan dengan undang – undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Penanaman Modal Asing (PMA).
·         Ciri – Ciri Perusahaan Multinasional
PBB dalam laporan tahunan 1973 mendefinisikan perusahaan multinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha –usaha pengolahan/manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua Negara.
·         Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional
Berikut ini diuraikan kebaikan – kebaikan dan keburukan didirikannya Multinasional bagi Negara pengundang, terutama Negara sedang berkembang.
Kebaikan :
a.       Menambah devisa Negara
b.      Mengurangi kebutuhan devisa
c.       Menambah pendapatan Negara
d.      Menambah kesemppatan kerja
      Keburukan :
a.       Dapat mempengaruhi kekeuasaan ekonomi Negara
b.      Keuntungan yang diaihkan
c.       Kebutuhan barang baku
d.      Merusak politik dan ekonomi Negara
·         Lembaga – lembaga yang membantu perdagangan Internasional
Kegiatan mereka lebih memudahkan pelaksanaan ekspor atau impor tersebut. Perantara ini disebut middlemen, dibedakan ke dalam empat golongan.
a.       Export dan Import Comission House
b.      Merchant Exporters and Importers
c.       Manufacturer’s  Export Agents
d.      Export and Import Brokers
·         Perkembangan Impor dan Ekspor Indonesia
Setiap tahun sejak 1969 keadaan rkspor Indonesia secara keseluruhan mengalami perkembangan yang positif dalam nilai dollar. Tetapi mulai periode 1981/1982 keadaan ekspor ini mulai mengalami fluktuasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar